Friday 26 June 2015

Bahasa Indonesia BAB VII Kelas IX

BAB VII
WISATA ALAM
APRESIASI
Berwisata merupakan salah satu bentuk mengisi waktu luang. Wisata tidak perlu mengeluarkan biaya lebih apabila kita bisa menyiasatinya. Misalnya berkunjung ke tempat Wisata yang ada di sekitar kita. Menikmati pemandangan alam bisa sejenak menghilangkan penat selama beraktivitas sehari-hari.
Pemandangan pantai dari atas mercusuar di Pulau Lengkuas, Belltung, Jumat (15/I4/2011). Belitung terkenal dengan lokasi wisata yang memiliki keindahan pantai pasir putih berbatu granit artistil menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Pada Pembahasan tema ini Anda akan dihantarkan untuk berlatih secara berkelanjutan tentang bagaimana mengajukan saran perbaikan tentang informasi, berpidato tanpa teks, menemukan ide pokok dari berbagai pola teks, serta menulis karangan berdasarkan topic tertentu. Semua subtema tersebut akan dikaitkan dengan tema inti wisata alam.


MATERI PEMBELAJARAN
A.    Mengajukan Saran tentang Informasi dari Radio atau Televisi 
Ketika menyimak informasi dari radio, Anda harus mendengarkan dengan saksama. Anda harus konsentrasi dan fokus pada suara penyampai informasi. Jika menyimak informasi dari televisi, Anda pun harus mendengarkan dan memfokuskan perhatian pada penyampai informasi (presenter atau pembawa acara berita). Hal ini bertujuan agar informasi yang disam paikan dapat disimak dan dipahami dengan baik.
Sebuah topik permasalahan atau informasi dari radio atau  televisi juga dapat Anda berika sebuah saran. Saran yang baik hendaknya disertai alasan yang kuat, mendukung, dan menuju ke arah perbaikan sehingga dapat diterima oleh orang lain. Saran yang baik adalah saran yang tidak menjatuhkan, merupakan solusi dari permasalahan, serta bermanfaat bagi semua pihak.
Sebelum Anda mengajukan saran, sebaiknya Anda mencatat  terlebih dahulu pokok-pokok penting dari informasi yang disampaikan. Kemudian, buatlah ringkasan isi berdasarkan catatan tersebut. Setelah itu, sampaikan saran Anda secara lisan ataupun melalui tulisan.

TUGAS MANDIRI 21
Simaklah informasi dari siaran radio atau televisi. Selanjutnya jawablah pertanyaan berikut!
1.      Siapakah yang menyampaikan informasi?
2.      Catatlah pokok-pokok isi informasi yang disampaikan penyampai informasi tersebut.
3.      Tulislah ringkasan informasi yang disampaikan berdasarkan pokok-pokok isi informasi yang dicatat.
4.      Tulislah saran perbaikan terhadap informasi yang disampaikan dan saran kepada penyampai informasi tentang hal-hal berikut.
a.       kebenaran informasi (fakta/opini),
b.      kejelasan mengucapkan kata,
c.       keefektifan kalimat,
d.      intonasi dan nada,
e.       sikap penyaji informasi (jika berita daritelevisi).
5.      Tukarkan hasil kerja Anda dengan teman sebangku.

PENDIDIKAN KARAKTER
Mandiri dan Kerja Keras
Kerjakan tugas mandiri tersebut dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya. Cermati dan pahami perintah-perintahnya agar memeroleh hasil yang maksimal.

B.     Berpidato Tanpa Teks
Pada acara-acara tertentu, seperti peringatan-peringatan hari besar atau perayaan, Anda sering menemukan orang yang memberikan pidato. Jika diperhatikan dengan saksama, ada orang yang berpidato dengan membaca naskah pidato dan ada juga yang berpidato tanpa naskah. Berpidato tanpa teks memerlukan keberanian dan keterampilan berbahasa.
Untuk itu perhatikanlah hal-hal berikut ini.
1.      Berpidato dengan lancar, untuk itu perlu penguasaan materi.
2.      Penggunaan suara harus jelas terdengar, melafalkan tiap kata dengan benar, dan menggunakan intonasi yang bervariatif.
3.      Kontak mata hendaknya memandang seluruh audien secara menyebar.
4.      Sampaikan pidato secara lengkap, sistematis, urut, tidak menyimpang dari ide.
5.      Jagalah kefasihan berbicara dan usahakan tidak kaku.

TUGAS MANDIRI 22
A.     Pelajarilah teks pidato berikut!
Assalamualaikum Wr.Wb.
Salam sejahtera.
Terima kasih saya sampaikan kepada pembawa acara dan panitia yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk memberikan kata sambutan.
Anak-anakku yang berbahagia.
Belajar bagi seseorang adalahsuatu kebutuhan. Tanpa belajar, seseorang tidak akan dapat melakukan sesuatu yang berharga baik bagi dirinya maupun orang lain. Banyak orang ketika mendengar kata ”belajar", mereka langsung Berpikir tentang setumpuk buku, lengkap dengan teori-teori yang memusingkan. Padahal belajar tidak melulu seperti itu. Anak-anakku yang saya cintai.
Salah satu cara belajaradalah dengan belajar dari pengalaman, baik pengalaman diri sendiri maupun orang lain. Pengalaman orang lain dapat kita pelajari secara langsung ataupun tidak langsung. Pernahkah kalian membaca buku-buku sastra? Cerpen dan novel, misalnya, merupakan pengejawantahan atau gambaran tentang sisi kehidupan manusia yang dituangkan dalam bentuk oerita. Nah, pengalaman-pengalaman yang dialami tokoh-tokohnya dapat kita ambil sebagai bahan untuk direnungkan dan dikaji. Kalian dapat mengetahui nilai-nilai kehidupan yang harus diteladani.
Anak-anakku sekalian.
Saya berpesan, jangan pernah berhenti untuk belajar. Manfaatkan waktu dan kesempatan untuk belajar.
Belajarlah dengan rajin agar menjadi generasi bangsa yang tangguh dan berguna.
Wassalamualaikum WIS Wb.

B.     Coba berpidatolah tanpa teks di depan kelas dengan garis besar teks pidato tersebut!

PENDIDIKAN KARAKTER
Mandiri, Kerja Keras, dan Komunikasi
Lakukan tugas individu tersebut dengan sebaik-baiknya. Berlatihlah secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Catatlah masukan dari teman atau evaluasi guru sebagai motivasi untuk menuju yang lebih baik.

C.    Menentukan Ide Pokok Paragraf
Gagasan pokok setiap wacana bisa terletak di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir paragraf. Paragraf yang baik biasanya memuat satu pokok pikiran yang terdapat pada kalimat utama, kemudian dijabarkan dalam beberapa pikiran penjelas dalam kalimat penjelas.
Berdasarkan letak gagasan utamanya, paragraf dibedakan menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut.
1.      Pafagraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal paragraf, kemudian dijabarkan beberapa kalimat penjelas.
2.      Paragraf Induktif
Paragraf induktif adalah paragraf yang letak gagasan utamanya berada di akhir paragraf. Jadi diuraikan dahulu gagasan penjelas dalam beberapa kalimat penjelas, baru menuju ke gagasan utamanya.


3.      Paragraf Deduktif-Induktif (Campuran)
Paragraf deduktif-induktif disebut juga paragraf campuran. Paragraf ini adalah paragraf yang letak gagasan pokok berada di awal dan di akhir paragraf. Karangan yang mengulangi gagasan/ide yang dianggap penting. Paragraf jenis ini jarang sekali digunakan dalam penulisan.

TUGAS MANDIRI 23
A.     Bacalah dengan saksama teks berikut!
Ribuan Wisatawan Mengikuti Festival
"Bekudo Bono"
PEKAN BARU-Sedikitnya 5.000 wisatawan mengikuti Festival Bekudo Bono, sebuah pergelaran wisata dibalut olahraga ekstrem, yakni berselancar di ombak sungai di Semenanjung Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau.
Tercatat sekitar 5.000 wisatawan yang datang untuk mengkuti festival ini, mayoritas wisatawan Iokal,” kata Koordinator Lapangan, Hisam Setiawan di Pekanbaru, Senin (18/11/2013).
Pemerintah Kabupaten Pelalawan menggelar festival tersebut mulai tanggal 16 hingga 22 November 201 3. Kegiatan wisata dan olahraga ekstrem itu berisi beragam kegiatan mulai dari lomba memancing, berselancar hingga pergelaran budaya lokal dan bazar.
"Bono mempakan ombak yang tercipta di daerah muara Sungai Kampar karena pertemuan arus dari sungai dan laut. Tinggi gelombang bisa mencapai 10 meter lebih pada bulan ini karena pengaruh bulan purnama,” katanya.
Selama tiga tahun terakhir, gelombang Bono Sungai Kampar mulai terkenal karena kerap dikunjungi peselancar nasionai dan internasional. Fenomena alam itu terbilang langka karena “tidal wave” di sungai itu berdurasi lama hingga sekitar satu jam. 
Dalam festival itu, panitia menggelar lomba selancar untuk kalangan profesional dan amatir Sebanyak enam peselancar lokal dari Bali yang dipastikan berpartisipasi antara lain Marlon Gerber, Varun Tanjung, Endrik Epen, Dedi Satriadin, Iman Setiawan, Zulkamaen Tayeb, dan Mick Curley.
"Untuk kalangan amatir, pesertanya sangat banyak sampai 30 orang yang merupakan warga setempat,” katanya.
Lomba yang cukup unik pada festival kali ini adalah berselancar menggunakan sampan kayu. Hisam mengatakan, lomba ini mengadopsi kebiasaan warga Sekitar yang sejak dulu menggunakan sampan untuk mengarungi ombak Bono yang kerap disebut "Bekudo Bono".
"Ada 30 peserta yang ikut Bekudo Bono dan peserta dipilih sangat selektif untuk yang sudah memahami kondisl sungai dan karakteristik Bono karena ini tidak sembarang orang bisa melakukannya,"rujar Hisam.
Dia mengatakan Festival Bekudo Bono yang dipusatkan di Kelurahan Teiuk Meranti, membawa keuntungan bagi masyarakat setempat dengan banyaknya wisatawan yang datang. Desa kecil tersebut kini ramai pengunjung dan rumah-rumah warga berubah menjadi "homestay" karena penginapan yang ada tidak bisa menampung ribuan wisatawan.
"Festival ini juga menjadi uji ooba untuk penyelenggaraan tahun selanjutnya, dalam segi pelayanan dan keamanannya juga,” ujar Hisam. Salah satu juri selancar Bono, Arya Subiyakto mengatakan Bono memiliki potensi besaruntuk menjadi daya tarik wisata dan olahraga ekstrem tingkat internasional. "ini pertama kali digelar lomba selancar ombak sungai di indonesia dan ini merupakan potensi dan kebanggaan yang perlu dikembangkan lagi," tambah Arya.
Sumber Kompas.com, Selasa, 19 November 2013

B.     Berdasarkan teks tersebur tentukan gagasan utama dan jenis paragraph pada tabel berikut!
NO
Paragraf
Gagasan utama
Jenis paragraph
1



2



3



4 dst





D.    Pola Paragraf Deduktif dan Induktif
Sebuah paragraf merupakan pengembangan gagasan dari sebuah  kaIimat. Kalimat tersebut disebut gagasan utama, sedangkan kalimat-kalimat lainnya disebut kalimat penjelas, Pada umumnya, orang cenderung menyampaikan gagasan utama terlebih dahulu sebelum gagasan penjelas. Anda dapat menulis gagasan utama di awal atau di akhir paragraf. Jika gagasan utama terletak di awal paragraf, paragraf itu disebut paragraf deduktif. Sebaliknya, jika gagasan utama terletak di akhir paragraf, paragraph itu disebut paragraf induktif. Oleh karena itu, paragraf deduktif disebut juga paragraf yang berpola umum-khusus, sedangkan paragraf induktif disebut juga paragraf yang berpola khusus-umum.

TUGAS MANDIRI 24
A.     Bacalah dengan saksama teks berikut!
Pulau Labengki
yang Menawan Hati
”Laut begitu damai di siang saat perahu kami menyusuri pesisir timur daratan Sulawesi Tenggara, Semilir angin sedikit menghalau terik mentari yang makin meninggi. Dari kejauhan, sebuah pulau besar menyembui di atas samudra. Makin mendekat, pulau bernama Labengki di Kabupaten Konawe Utara itu pun memamerkan keelokannya.
Jenggala lebat nan hijau menyelimuti seluruh tubuh pulau yang berbentuk bak gunung kecil tersebut. Di sekelilingnya, pulau-pulau karang mungil berserakan. Pemandangan lebih memukau lagi tersaji di bawah laut.
Ombak yang bergulung pelan mengantar perahu ke salah satu pulau karang seluas sekitar 2 hektar, yang berdekatan dengan pulau utama. Dari permukaan airnya yang jernih, hamparan luas terumbu karang dengan jelas bisa terlihat.
Byuuur! Satu persatu anggota mmbongan berjumlah 14 orang dari Konservasi Taman Laut Kima Toli-toli, Sulawesi Tenggara dan wisatawm pun melompat dari atas perahu. Lelah dan suntuk selama 3,5 jam menempuh perjalanan dengan perahu motor dari Toli-toli di Kabupaten Konawe lurah tersapu segarnya air.
Sebagian anggota rombongan dengan peralatan menyelam langsung menghilang di kedalaman biru. Sebagian lain yang berbekal snorkel menyisiri bagian terumbu karang yang dangkal.
Kecantikan karang dan beraneka ragam biota laut bias dinikmati di kedalaman berkisar dua meter. Karang berbentuk meja bundar, ranting pohon, cerobong, hingga cangkang kura-kura bertebaran di lantai laut. Ikan kecil beraneka warna dan beutuk sibuk barlalu-lalang di sekitarnya.
Kima
Habitat kima Labengki juga menyimpan kekayaan bawah laut yang unik. Di perairan sekitar pulau bisa ditemui berbagai spesies kima atau kerang raksasa (Tridacna). Hewan langka dan dilindungi itu hidup di sela-sela karang hingga kedalaman 20 meter. Beberapa spesies kima yang hidup di sekitar perairan Labengki adalah T-maxima, T-derasa, Tsquarmosa, T-crocea, T-kimaboe, Hippopus-hippopus, dan Hippopus porcellanus. "Perairan Labengki menjadi habitat ideal bagi kima karena banyak terdapat karang di lembah-lembah dasar laut,“ kata Ketua Konservasi Taman Laut Kimia Toli-toli, Habib Nadjar Buduha.
Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Labengki adalah memancing. Janis ikan yang bisa ditangkap sangat variatif, di antaranya kerapu, barakuda, ikan layar tuna sirip kuning, dan kakap merah. Jika telah lelah menyelam, snorkeling, atau memancing, merapatlah ke salah satu penggal pantai berpasir yang banyak terdapat di pulau-pulau karang di sekitar Labengki. Dipayungi rindangnya pohon kelapa, pantai-pantai itu coook untuk sekadar barsantai menikmati pemandangan atau piknik makan siang sambil membakar ikan basil tangkapan.
Akses
Labengki secara administratif marupakan sebuah desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara. Mayoritas penduduknya adalah warga Suku Bajo yang tinggal di salah satu pulau kecil dengan jumlah sekitar 100 keluarga. Labengki bisa dicapai dari sejumlah titik di Kota Kendari, Kabupatan Konawe, atau Kabupaten Konawe Utara, dsngan menyewa perahu motor. Perjalanan biasanya ditemani karwanan lumba lumba dan ikan terbang yang berlompatan di sekitar perahu. Sayang, belum ada akomodasi wisata, seperti hotel atau penginapan, di pulau tersebut.
Namun, Konservasi Taman Laut Kima Toli-toli tengah merintis Labengki sabagai destinasi petualangan bawah laut, Mareka menyediakan paket wisata yang mancakup transpartasi dari Toli-toli menuju Labengki, peralatan selam dan snorkeling, jasa pemandu, makan dan minum, serta penginapan di pondok sederhana. Dengan segala pesona di darat dan di bawah lautnya, Labengki adalah destinasi yang menawan hati.
Sumber Kompas.com, Senin, 18 November 2013
B.     Tuliskan gagasan pokok dan kalimat pendukung setiap paragraf!


Ulangan Harian
A.     Berilah tanda silang  (x) huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang paling benar!

1.      Eceng gondok termasuk gulma atau tumbuhan pengganggu, Eceng gondok manyebar cepat lewat angin dan arus bawah air. Eceng gondok mampu mempercepat penguapan air tenang seperti danau atau sungai yang aliran airya menggenang, Perairan yang ditumbuhi eceng gondok akan manjadi cepat dangkal. Kotoran dan lumpur yang melekat pada akar-akar tumbuhan tersebut akan mengganggu lalu lintas air...
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf deduktif tersebut adalah ....
a.       Perairan yang ditumbuhi eceng gondok airnya kotor dan mudah mengalami pendangkalan.
b.      Sungai yang ditumbuhi eceng gondok airya cepat menguap dan eceng gondok akan tumbuh subur.
c.       Eceng gondok akan mengganggu aliran air yang ada di sungai atau danau tersebut.
d.      Tumbuhan eceng gondok akan mengganggu kualitas air yang terdapat di sungai atau danau tersebut.
e.       Jadi, eceng gondok hanya bisa tumbuh di tempat yang airnya menggenang seperti danau.

2.      Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha kuasa karena berkat rahmat-Nya kita dapat berkumpul dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada tanggal 28 okober 1928 yaitu bertanah air satu, tanah air Indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia; dan menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa indonesia.
Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda. Kalimat persuasif dalam penggalan teks pidato tersebut adalah…. 
a.       Ajakan memanjalkan doa ke hadirat Tuhan Yang Maha kuasa.
b.      Peristiwa pernyataan Ikrar dari barbagai perkumpulan pemuda.
c.       Mari kita berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.
d.      Mari kita ikrarkan Sumpah Pamuda.
e.       Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda.

3.      Selamat datang teman-teman sekalian yang hadir pada malam ini semuanya! Kalimat perbaikan yang tepat untuk pembuka sambutan tersebut adalah ....
a.       Semua teman-teman sekalian selamat datang atas kehadirannya!
b.      Selamat datang dan selamat malam teman-teman!
c.       Yang hadir teman-teman semua diucapkan salamat dating!
d.      Selamat datang semua teman-teman yang hadir sekalian!
e.       Semua teman-teman selamat dating Anda di sini!

4.      Kondisi yang paling penting dalam modernisasi pertanian adalah sikap hidup petani. Mengapa demikian? Karena petani sebagai pelaku utama dalam kegiatan pertanian dapat dianggap sebagai manajer usaha taninya. Dia harus mampu mengelola, mengambil keputusan, dan bertanggung jawab terhadap langkah-langkan yang diambilnya.
Paragraf tersebut tergolong jenis Paragraf….. 
a.       Deskriptif
b.      Naratif
c.       Induktif
d.      Deduktif
e.       Argumentatif
5.      Ciri-ciri paragraf deduktif adalah ....
a.       kalimat utama di lengah paragraf
b.      kalimat utama di akhir paragraph
c.       diawali dari pernyataan khusus ke umum
d.      kalimat utama di awal paragraph
e.       diawali dari pemyataan umum – khusus – umum

6.      Generasi muda merupakan generasi penerus kepemimpinan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, secara langsung mereka dituntut untuk dapat menunjukkan sikap baik di masyarakat. Namun, terjadinya peristiwa perkelahian yang berupa tawuran dan tindakan negatif yang dilakukan para oknum pelajar perlu diluruskan. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat generasi muda.
Tanggapan yang menyatakan sependapat dengan masalah di atas adalah ....
a.       Saya sependapat bahwa gsnerasi muda harus dapat mengembalikan citra baik di masyarakat.
b.      Sebagai generasi muda, kiia harus dapat memberikan gambaran yang baik
c.       Tunjukkan pada masyarakat bahwa generasi muda adalah penerus kepemimpinan masa datang.
d.      Oknum pelajar yang senang tawuran memang bisa menghancurkan citra generasi muda.
e.       Biarkan saja, mereka adalah remaja yarg sedang mencari jati dirinya.

7.      Di bawah ini bukan teknik penyejian berpidato yang baik adalah ....
a.       bahasa mudah dipahami
b.      menggunakan contoh dan ilustrasi
c.       menyajikan program yang jelas
d.      memberi penekanan dalam gaya penyajian
e.       menggunakan kata-kata yang berlebihan

8.      Bangunan bekas Markas Kodim Salatiga yang berusia lebih dari 100 tahun tetap akan dibongkar walaupun menuai kecaman dari masyarakat. Rencananya bangunan yang masuk dalam inventarisasi cagar budaya kata Salatiga itu akan dijadikan pusat perbelanjaan. Bangunan tersebut dahulu merupakan Hotel Bloameslein.
Kalimat yang mengandung tanggapan positif terhadap isi berita di atas ialah ....
a.       Seharusnya masyarakat lebih proaktif lagi menyuarakan kecaman.
b.      Perlu Kita sambut baik upaya pemerintah membongkar bangunan bersejarah agar lebih bermanfaat.
c.       Masalah pengalihfungsian bangunan untuk pusat perbelanjaan umum tadadi akhir-akhir ini.
d.      Sebaiknya bangunan cagar budaya tidak dibongkar namun difungsikan untuk fasilitas umum.
e.       Biaya pemeliharaan cagar budaya relative mahal sehingga wajar jika dibongkar.

9.      Paragraf yang mempunyai pola umum-khusus disebut ....
a.       paragraf induktif
b.      paragraf deduktif
c.       analogi
d.      generalisasi
e.       sebab-akibat

10.  Gagasan pendukung dalam sualu paragraph maksudnya adalah ....
a.       informasi yang mendukung gagasan utama
b.      informasi pendukung penulis
c.       informasi iambahan untuk pembaca
d.      infomuasi pendukung penjelas
e.       informasipendukung paragraf
Bacaan berikut untuk soal nomor 11 s.d. 12.
(1) Bengawan Solo kembaii mengamuk atas eksploitasi, destruksi, dan keserakahan manusia. (2) Jembatan dan akses jalan putus. (3) Permukiman dan sawah terendam benjir (4) Rakyat miskin, kedinginan, lapar, stres,bahkan terkubur hidup-hidup oleh tanah longsor (5) Tanah longsor menjadi suhur karena banyak humus di dalamnya.
11.  Ide pokok paragraf terssbut yaitu ....
a.       mengamuknya Bengawan Solo
b.      keadaan banjir Bengawan Solo
c.       terulang lagi musibah Bengawan Solo
d.      rusaknya bantaran Bengawan Solo
e.       amukan dahsyat Bengawan Solo

12.  Kalimat utama paragraf tersebut pada nomor ....
a.      
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5

13.  Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah nomor ....
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5

14.  Bantal dari bulu angsa, konon dapat menjad solusi untuk mengatasi kesulitan tidur atau insomnia serta dapat pula mengurangi penderitaan pengidap asma dan migrain. Hal ini karena bulu angsa menjadikan bantal lebih empuk dan bersih. Selain itu, bantal bulu angsa tidak mudah kempes, lebih awet, dan dapat menahan suhu yang diserap. Bantal bulu angsa memberikan efek hangat ketika suhu ruangan sangat dingin. Sebaliknya, bantal bulu angsa mamberikan efek dingin ketika suhu ruang cenderung panas.
Tanggapan yang tidak sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ...
a.       Bantal bulu angsa dapat manjadi solusi untuk mengatasi kesulitan tidur.
b.      Penderitaan pengidap asma dan migrain dapat berkurang dengan menggunakan bantal bulu angsa.
c.       Kelebihan bantal bulu angsa yaitu tidak mudah kempes, lebih awet. dan dapat menahan suhu yang diserap.
d.      Efek hangat dapat diperoleh ketika kita menggunakan bantal bulu angsa pada ruang yang dingin.
e.       Bantal bulu angsa mempunyai kualitas bagus dan terkesan mewah jika digunakan di ruang bersuhu dingin.

15.  Sebelum saya mengakhiri pidato yang bertajuk "Menyeimbangkan Pendidikan Iptek dengan Agama” ini, saya ingin berpesan kepada hadirin, yaitu Kita tanamkan keyakinan kepada mereka bahwa hanya melalui pendidikan umum dan pendidikan agama yang selaras dan seimbangg maka manusia akan selamat, bahagia, dan sejahtera di dunia dan akhirat ....
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tarsabut adalah ....
a.       Mari kita tekankan agar generasi muda tidak hanya mergejar pengetahuan umum saja, atau pengetahuan agama, tetapi juga hendaknya meliputi keduanya.
b.      Mari kita tekankan agar generasi muda benar-benar mengejar pengetahuan umum saja yang semakin tertinggal dengan bangsa lain.
c.       Mari kita mengajak generasi muda agar lebih banyak mengejar pengetahuan umum dibandingkan pengetahuan agama.
d.      Mari kita sama-sama mengingatkan generasi muda agar mengejar pengetahuan umum walau sampai ke negeri Cina.
e.       Mari Kita tekankan kepada generasi muda agar lebih banyak mengejar pengetahuan umum di samping pengetahuan agama sesuai dengan situasi dan kondisi.

B.     Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1.      Berpidato tanpa teks memerlukan ............................ dan .........................
2.      Paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal paragraf kemudian dijabarkan beberapa kalimat penjelas adalah .....................................
3.      Tujuan mendengarkan dan memfokuskan perhatian pada penyampai informasi (presenter atau pembawa acara berita) yaitu ..............................
4.      Paragraf deduktif disebut............................................................................
5.      Paragraf yang letak gagasan utamanya berada di akhir paragraf adalah...............................

C.     Jawablah dengan benar pertanyaan-perlanyaan di bawah ini!
1.      Jelaskan langkah-langkah menyampaikan saran mengenai isi infomasi!
Jawab : .........................................................................................
2.      Buatlah sebuah paragraf deduktif bertema perjalanan wisata!
Jawab : ........................................................................... 
3.      Sebutkan jenis-jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya!
Jawab : .......................................................................................
4.      Buatlah sebuah paragraf induktif bertema wisata alam!
Jawab : .....................................................................
5.      Jelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan saat berpidato tanpa teks!
Jawab : ..........................................................................................

SKALA SIKAP
Isilah table berikut dengan tanda(ü) dan kemukakan alasan anda!
No
Uraian
Sikap
Alasan
S
TS
R
1
saran yang baik hendaknya disertai alasan yang kuat, mendukung, dan menuju kearah perbaikan sehingga dapat diterima oleh orang lain.




2
menulis paragraph induktif lebih sulit daripada menulis paragraph deduktif.




3
berpidato tanpa teks memerlukan keberanian dan keterampilan berbahasa.




4
paragraph jenis campuran(deduktif-iduktif) jarang sekali digunakan dalam penulisan.




5
kontak mata saat berpidato hendaknya memandang seluruh audien secara menyebar.





PROGRAM PERBAIKAN
Jawablah dengan benar pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.      Buatlah bagian pembukaan pidato bertema menghargai dan melestarikan peninggalan budaya bangsa!
2.      Apa yang Anda ketahui tentang paragraf induktif?
3.      Apakah yang dimaksud dengan ide pokok?
4.      Mengapa argumentasi yang kuat diperlukan saat mengajukan saran?
5.      Apa yang dimaksud dengan paragraf deduktif!



PROGRAM PENGAYAAN
Jawablah dengan benar pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
Banyak tempat cantik atau benda-benda unik yang menjadi warisan dunia atau kerap disebut "world heritage". Warisan tersebut tersebar di seluruh penjuru negara. Seperti dilansir oleh National Geographic, lima hal di bawah ini adalah warisan dunia yang bisa menjadi referesi tujuan liburan Anda.
Pertunjukan Wayang, Indonesia
Kadap-kedip lampu dan lantunan kisah dalang kadang menimbulkan kekuatan mistik Namun justru itulah pesona yang ditampilkan dari menonton wayang. Wayang atau dalam bahasa indoniesla berarti bayangan adalah boneka yang terbuat dari kayu maupun kulit yang merupakan warisan budaya kebanggaan Indonesia. Memainkan wayang yakni diiringi dengan musik gamelan. Alur cerita yang dibawakan membawa kisah dari India dan Persia dengan menyisipkan pesan moral, pesan politik, sindiran sosial, hingga cerita masyarakat pedesaan.
Sydney Opera House, Australia
Bangunan berbentuk kubah besar seperti cangkang kelang, menjadi bangunan ikonik yang dimiliki kata, bangunan ini dirancang oleh arsitek Denmark, Jam Utzon. Pada masa debut pembukaannya tahun 1973, Opera House adalah pusat seni tersibuk dan terhidup di dunia. Lebih dari 50 pertunjukan digelar dalam setahun dan mampu menarik jutaan pengunjung.
Colosseum di Italia
Colosseum merupakan peninggalan kekaisaran Ramawi yang merupakan tempat pertempuran para gladiator. Pada masanya ini adalah stadion terbesar di tengah kota Roma yang mampu mengakamodasi sekitar 50.000 penonton. Bangunan yang menjadi simbol kebesaran Roma kuno ini pembuniannya diprakarsai oleh Kaisar vespasianus dan selesai pada 80 Masehi di bawah pemerintahan putranya, Kaisar Titus.
Hawaii Volcanoes National Park Hawaii
Menurut mitologi Hawaii, kaldera Halema'uma'u dari kilauea adalah rumah api dari Pele (dewi kabakaran, angin, dan petir). Pada taman bumi seluas 333.000 hektar tersebut adalah tempat terhangat bagi keluarga berkumpul bersama. Pemandangan gunung berapi, hutan hujan iropis dan ianskap gersang menambah keasrian.
Taman Nasional Goreme dan Situs Batu Cappadocia, Turki
Goreme adalah daerah bebatuan vulkanis terkikis yang membentuk bagian fantastis. Berbentuk menara tinggi dengan kerucut tajam memiiiki atap batu seperti topi. Beberapa pemandangan mencolok yang ada adalah geraja-gereja terbuat dari batu hingga gua sedimen.

Sumber Dikutip seperlunya dari Kompas.com, Rabu, 20 November 2013
Tentukan ide pokok dan jenis pola pengembangan paragraf pada teks tersebut!


1 comment: