Internet
telah lama menjadi salah satu media bagi penjual dan pembeli untuk bertemu dan
melakukan transaksi jual maupun beli, baik dalam jumlah kecil (partai eceran)
maupun besar (partai grosir). Bagi pemain lama mungkin sudah menguasai
seluk-belum bisnis online dari a sampai z, namun untuk pemula mungkin akan
butuh panduan aman bertransaksi jual beli di internet yang menyimpan berjuta
peluang beserta resiko.
1. Pengertian
Jual Beli
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jual beli adalah persetujuan saling mengikat
antara penjual, yakni pihak yang menyerahkan barang, dan pembeli sebagai pihak
yang membayar harga barang yang dijual.
Secara
etimologis, Jual beli adalah tukar menukar harta dengan harta, artinya dalam
transaksi jual beli adalah transaksi tukar menukar antara harta milik penjual
biasanya berupa barang dengan harta milik pembeli biasanya berupa uang. Kenapa
disebutkan biasanya? Karena dalam transaksi ini juga bisa terjadi tukar menukar
barang dengan barang yang disebut jual beli dengan cara barter atau transaksi
tukar menukar uang dengan uang yang disebut jual beli money changer. Artinya
Jual beli terjadi karena adanya penawaran oleh penjual dan adanya permintaan
oleh pembeli yang saling melengkapi.
Pengertian
Online
Online
adalah keadaan terkoneksi dengan jaringan internet. Dalam keadaan online kita
dapat berselancar di internet dengan melakukan kegiatan secara aktif sehingga
dapat menjalin komunikasi baik komunikasi satu arah seperti membaca berita dan
artikel dalam website maupun komunikasi dua arah seperti chatting dan saling
berkirim email.
Pengertian
Jual beli Online
Bahwa Jual beli online adalah aktifitas jual beli
berupa transaksi penawaran barang oleh penjual dan permintaan barang oleh
pembeli secara online dengan memanfaatkan teknologi internet.
2. Keuntungan
dan Kerugiannya
Di
dalam beberapa waktu terakhir ini orang yang menggunakan internet semakin
meningkat dan dalam penggunaanya juga bervariasi. Misalnya, ada yang hanya
untuk memperoleh informasi, mencari teman baru atau mencari pekerjaan. Tetapi
aplikasi internet yang booming pada saat ini adalah tentang toko E-Commerce
atau Online. Penggunaan internet dan fasilitas di internet saat melakukan
pemasaran disebut dengan e-marketing. Pemasaran online adalah kegiatan dalam
menjual produk atau jasa melalui jaringan digital, seperti jaringan internet
maupun telepon. Sedangkan e-marketing adalah penggunaan aplikasi
elektronik dalam rangka untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep promosi,
distribusi, menentukan harga untuk menciptakan pertukaran informasi yang dapat
memuaskan individu atau organisasi.
Ada
beberapa keuntungan dan kerugian toko online daripada toko offline. Dalam
berbisnis yang populer pada saat ini, pemasaran online memiliki beberapa
keunggulan. Pertama, biaya yang lebih murah artinya dengan pemasaran online
kita tidak perlu membangun atau menyewa kios di tepi jalan. Keunggulan yang
kedua yaitu tidak terikat oleh waktu dan tempat. Artinya, dalam pemasaran
online kita dapat memasarkan produk kapan dan dimana saja yang dapat mencakup
di seluruh dunia. Kita juga dapat memutuskan kapan dan dimana kita akan
bekerja, bahkan kita tidak harus bekerja dalam waktu yang sama dalam melakukan
pekerjaan.
Keunggulan
yang ketiga yaitu dalam bisnis online kita bisa menjadi manager dan pemiliknya
sendiri. Karena dalam bisnis online tidak terikat oleh siapapun, kita tidak
perlu “Bos” yang mengatur jadwal pekerjaan dan dalam menjalankan bisnisnya.
Tetapi, disini kita yang mengatur jadwal dan menentukan strategi pemasaran agar
memperoleh target pendapatan yang maksimal. Keunggulan terakhir yaitu,
menghemat waktu dan uang. Artinya, dalam melalui situs pemasaran online yang
kita buat, kita dapat mengirimkan daftar produk sehingga dapat dilihat oleh
para pelanggan. Dalam situs tersebut pasti ada pelanggan yang akan menanyakan
“produk dan jasa apa yang tersedia?”. Tetapi dengan sendirinya pelanggan
tersebut akan melihatnya tidak perlu membutuhkan karyawan dalam menjawab
tersebut. Apabila pelanggan tersebut menginginkan untuk membeli produk tersebut
juga tidak perlu membutuhkan karyawan untuk melayaninya.
Di
dalam pemasaran online memiliki banyak keuntungan dan kerugian seperti yang
telah dijelaskan diatas, kita tidak perlu takut tentang hal itu. Pemasaran
online selalu ada ide yang sangat bagus yang terjadi dalam kegiatan bisnis.
Banyak orang yang mencari apa yang dibutuhkan dengan mengunjungi internet
terlebih dahulu untuk mencari berbagai referensi sebelum membelinya di toko. Tetapi,
masih banyak orang yang lebih memilih membeli suatu produk melalui toko online
daripada di mall ataupun supermarket. Karena pada saat ini banyak orang modern
sehingga lebih memilih membeli produk dengan simple yaitu dengan toko online.
Hanya dengan menjadi suatu pengusaha yang jujur dan baik, sehingga dapat
memperoleh keuntungan yang efisien daripada kerugian.
3. Cara
menarik pembeli
Ø Promosi
ONLINE
Cara inilah yang
sangat kami anjurkan untuk Sahabat, karena dengan cara ini Sahabat memiliki
peluang yang sangat BESAR untuk bisa menjual PRODUK sahabat.
Ø Melalui
Email
Ø Melalui
Iklan Baris
Ø Melalui
Blog atau Website
Ø Melalui
Google Adwords atau PPC Lokal
4. Analisis
SWOT perdagangan online
a.
Strenght
·
Bermacam-macam produk yang di tawarkan
·
Produk yang di tawarkan berkualitas
·
Harga kompetitif
·
Ketersediaan barang dijamin
·
Kepuasan pelanggan terjamin
b. Weakness
·
Banyak mayarakat yang belum tahu
tentang bisnis online ini
·
Rentan terhadap kecurangan e-commerce
seperti hacker
·
Banyak masyarakat yang belum mempunyai
akun paypal
·
Banyak pesaing di luar sana yang lebih
bagus lagi
c. Opportunities
·
Memberikan keuntungan yang cukup
besar.
·
Prospek atau peluangnya cukup besar
untuk dikembangkan
·
Permintaan pasar dijaman yang modern
ini semakin meningkat
d. Threath
·
Banyak jenis usaha yang sama sebagai
pesaing.
·
Persaingan dalam pemasaran yang
semakin ketat.
·
Dalam era global seperti sekarang ini
persaingan tidak hanya ada pada lingkup dalam negeri tapi seluruh dunia adalah
pesaing kita.
5. Kesimpulan
Jadi
ada lelurangan dan keledihannya dalam melakukan jual beli online, dan juga
memang harus menjanjikan antara prmbreli dan penjual. Saling ada rasa percaya
agar dapat membaik dalam bertransaksi jual beli.
No comments:
Post a Comment