Friday 20 March 2015

bentuk-bentuk analisis keuangan

C.     Bentuk-bentuk dan Teknik Analisis
Untuk melakukan analisis laporan keuangan diperlukan metode dan teknik analisis yang tepat juga. Tujuan penentuan metode dan teknik analisis yang tepat adalah agar laporan keuangan tersebut dapat memberikan hasil yang maksimal. Selain itu, para pengguna hasil analisis tersebut dapat dengan mudah untuk menginterprestasikannya.
Sebelum melakukan analisis laporan keuangan, diperlukan langkah-langkah atau prosedur tertentu. Langkah atau prosedur ini diperlukan agar urutan proses analisis mudah untuk dilakukan.
Adapun, langkah atau prosedur yang dilakukan dalam analisis keuangan adalah:
1.      Mengumpulkan data keuangan dan data pendukung yang diperlukan selengkap mungkin, baik untuk satu periode maupun beberapa periode.
2.      Melakukan pengukuran-pengukuran atau perhitungan-perhitungan dengan rumus-rumus tertentu, sesuai dengan standar yang bias digunakan secara cermat dan teliti, sehingga hasil yang diperoleh benar-benar tepat.
3.      Melakukan perhitungan dengan memasukkan angka-angka yang ada dalam laporan keuangan secara cermat.
4.      Memberikan interpretasi terhadap perhitungan dan pengukuran yang telah dibuat.
5.      Membuat laporan tentang posisi keuangan perusahaan.
6.      Memberikan rekomendasi yang dibutuhkan sehubungan dengan hasil analisis tersebut.
Dalam praktiknya, terdapat dua macam metode analisis laporan keuangan yang bias dipakai, yaitu sebagai berikut.
1.      Analisis Vertikal (Statis)
Analisis vertical merupakan analisis yang dilakukan terhadap hanya satu periode laporan keuangan saja. Analisis dilakukan antar pos-pos yang ada, dalam satu periode. Informasi yang diperoleh hanya untuk satu periode saja dan tidak diketahui perkembangan dari period eke periode tidak diketahui.

2.      Analisis Horizontal (Dinamis)
Analisis horizontal merupakan analisis yang dilakukan dengan membandingkan laporan keuangan untuk beberapa periode. Dari hasil analisis ini akan terlihat perkembangan perusahaan dari periode yang satu ke periode yang lain.
Kemudian, di samping metode yang digunakan untuk menganalisis laporan keuangan, terdapat beberapa jenis-jenis teknik analisis laporan keuangan. Adapun jenis-jenis teknik analisis laporan keuangan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
a.       Analisis perbandingan antara laporan keuangan.
b.      Analisis trend.
c.       Analisis presentase per komponen.
d.      Analisis sumber dan penggunaan dana.
e.       Analisis sumber dan penggunaan kas.
f.        Analisis rasio.
g.       Analisis kredit.
h.       Analisis laba kotor.
i.         Analisis titik pulang pokok atau titik impas (break even point).
Penjelasan masing-masing teknik analisis laporan keuangan sebagai berikut.
Analisis pebandingan antara laporan keuangan merupakan analisis ini dilakukan dengan membandingkan laporan keuangan lebih dari satu periode. Artinya minimal dua periode atau lebih. Dari analisis ini akan diketahui perubahan-perubahan yang terjadi. Perubahan yang terjadi dapat berupa kenaikan atau penurunan dari masing-masing komponen analisis. Dari perubahan ini terlihat masing-masing kemajuan atau kegagalan dalam dalam mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya. Secara umum dari hasil analisis ini akan terlihat antara lain:
a.       Angka-angka dalam rupiah.
b.      Angka-angka dalam presentase.
c.       Kenaikan atau penurunan jumlah rupiah.
d.      Kenaikan atau penurunan baik dalam rupiah maupun dalam presentase.
Analisis trend atau tendensi merupakan analisis laporan keuangan yang biasanya dinyatakan dalam presentase tertentu. Analisis ini dilakukan dari period eke periode sehingga akan terlihat apakah perusahaan mengalami perubahan yaitu naik, turun, atau tetap, serta besar perubahan tersebut yang dihitung dalam presentase.
Analisis presentase per komponen merupakan analisis yang dilakukan untuk membandingkan antara komponen yang ada dalam suatu laporan keuangan, baik yang ada di neraca maupun laporan laba rugi.
Analisis ini dilakukan untuk mengetahui:
a.       Presentasi investasi terhadap masing-masing aktiva atau terhadap total aktiva.
b.      Struktur permodalan.
c.       Komposisi biaya terhadap penjualan.
Analisis sumber dan penggunaan dana merupakan analisis yang dilakukan untuk mengetahui sumber-sumber dana perusahaan dan penggunaan dana dalam suatu periode. Analisis ini juga untuk mengetahui jumlah modal kerja dan sebab-sebab berubahnya modal kerja perusahaan dalam suatu periode.


1 comment:

  1. saran untuk memasukkan sumber...
    materi ini diambil dari buku Kasmir. 2014. Analisis laporan keuangan. cetakan ke-4. hal.68-70.

    ReplyDelete